Mahasiswa S3 IKM UNS berpartisipasi sebagai pembicara dalam podcast “Empowering Youth: Youth-led Initiatives for Improved Sexual Health Education and Services in Indonesia”

Kegiatan podcast melalui platform Zoom dan Facebook yang diselenggarakan oleh CRID USA dan KAMBAII Health Bangladesh pada tanggal 15 Mei 2024 pukul 21.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB. Pembicara dalam kegiatan ini adalah Rizka Ayu Setyani dan Wahyu Gito yang merupakan mahasiswa S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret.

Moderator podcast yaitu Dr. Hossain Al-Amin serta dihadiri oleh Nelson Gichuki (Uganda), David Soro (Kenya), dan Deric Ouma (Kenya) sebagai panelis. Panelis merupakan dokter umum dengan keahlian pada kesehatan seksual.

Podcast membahas tentang kesehatan seksual di layanan kesehatan dan pendidikan yang diinisiasi oleh generasi muda. Rizka Ayu Setyani sebagai peneliti pada isu HIV/AIDS menceritakan pengalamannya tentang tantangan dan inovasi pencegahan HIV AIDS pada remaja berbasis teknologi. Sedangkan Wahyu Gito Putro berbicara terkait gambaran pendanaan program kesehatan seksual serta peran dan komitmen sebagai tenaga pendidik untuk melakukan capacity building pada kasus kesehatan seksual yang melibatkan remaja.

Akhir kegiatan podcast ini membahas kemungkinan rencana kolaborasi penelitian maupun pengabdian masyarakat dengan topik kesehatan seksual di Indonesia, Bangladesh, Kenya, dan Uganda. Rekaman podcast : https://youtu.be/zHMs0yTzEpM?si=g0kf6DSYR1rXi8HM

Leave a Comment