Inisiasi Youth Ambassador: Duta Sehat Sekolah untuk Pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) Remaja dan Keluarga

Rangkaian kegiatan program Youth Ambassador: Duta Sehat Sekolah untuk Pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) Remaja dan Keluarga berlangsung dengan sambutan hangat dari pihak SMP Negeri (SMPN) 5 Surakarta, baik dari pihak tenaga pendidik (guru) dan siswa. Program ini merupakan lanjutan gagasan dari Research Group Disease Control (RGDC) FK UNS yang berfokus pada bidang pencegahan dan pengelolaan Penyakit Tidak Menular (PTM) pada kader siswa di SMPN 5 Surakarta setelah tahun lalu menyasar pada guru. Program ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai faktor yang berhubungan dengan status kesehatan dan merupakan sebuha inisiatif untuk meningkatkan kemampuan skrining dini penyakit tidak menular melalui duta sehat siswa SMPN 5 Surakarta.

Penyampaian Materi dan Video Edukasi Training Kader Youth Ambassador

Rangkaian kegiatan diawali dengan pengenalan dan penyampaian tujuan project kepada siswa melalui pertemuan pertama yang dilaksanakan secara luring pada Kamis, 20 Juli 2023 dilanjutkan dengan pertemuan kedua untuk pelatihan kader duta muda terkait Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilaksanakan secara luring Kamis, 19 Oktober 2023 di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Acara dimulai pukul 1 siang dengan agenda pre-test, pemaparan materi dan video edukasi Penyakit Tidak Menular (PTM), sesi praktek pengukuran antropometri, post-test, dan sesi tanya jawab.

Sesi praktek pemeriksaan antropometri dengan kader Youth Ambassador

Antusiasme peserta yang tinggi dengan adanya pelatihan ini terlihat dengan keingintahuan peserta untuk mencoba alat ukur berupa timbangan berat badan, microtoise, dan tensimeter. Salah satu siswa kelas 8 yang juga merupakan anggota Palang Merah Remaja (PMR) mengatakan materi dan kemampuan praktikum yang diberikan belum pernah dipelajari, baik pada kegiatan akademik maupun ekstrakurikuler.

Foto bersama dengaan seluruh peserta Youth Ambassador

Kegiatan praktikum dilanjutkan dengan sesi diskusi singkat dan pengisian post-test. Post-test dilakukan dengan cara membacakan dan menampilkan soal pada layar televisi dan peserta menjawab dengan kertas. Setelahnya, dipilih dua orang siswa dengan nilai pretest dan post-test terbaik yang berhak mendapatkan hadiah berupa tumblr. Kegiatan kemudian ditutup dengan kesan pesan singkat dan foto bersama dengan seluruh panitia.

Leave a Comment