Dosen dan Mahasiswi Program Studi Doktor IKM UNS Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Paguyuban Omah Kreatif Kampoeng Batik Kauman Kota Pekalongan

Pada tanggal 14 Juli 2023, Dosen Program Studi Doktor IKM UNS Dr. Sumardiyono, S.KM, M.Kes Bersama Mahasiswi Program Studi Doktor IKM UNS Dr.(c). Rr. Vita Nurlatif, SKM., M.Kes yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UNIKAL, bekerjasama dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Dr. Slamet Budiyanto, S.K.M, M.Kes, mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat kepada Pembatik di Paguyuban Omah Kreatif Kampoeng Batik Kauman kota Pekalongan.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat diisi dengan Penyuluhan tentang Kesehatan Kerja Pembatik oleh Dr. Slamet Budiyanto, S.K.M, M.Kes dan Dr.(c). Rr. Vita Nurlatif, SKM., M.Kes; Pemeriksaan Kesehatan oleh Tim Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Pekalongan berupa Indeks Massa Tubuh, Tekanan Darah, Kadar Glukosa Darah, Lemak Perut, Lemak Tubuh, Basal Metabolic Rate; Penilaian Gangguan Muskuloskeletal dan Kualitas Hidup oleh Tim Pengabdi dari UNS; serta pemberian doorprize kepada Pembatik sebagai Peserta Pengabdian.

Kegiatan Pengabdian diikuti oleh kurang lebih 60 orang terdiri dari Pembatik sebagai Peserta Pengabdian, Tim Pengabdi UNS, Tim Pengabdi UNIKAL, dan Tim Pemeriksa Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Pekalongan. Selama pelaksanaan kegiatan Pengabdian didampingi oleh Bapak H. Husni dan Bapak H. Fauzi Yaya selaku Ketua dan Sekretaris Paguyuban Omah Kreatif Kampoeng Batik Kauman kota Pekalongan yang beralamat di Gg. 5 No.2, Kauman, Kota Pekalongan.

Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat kerjasama di waktu mendatang terkait Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat antara Universitas Sebelas Maret, Universitas Pekalongan, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, dan Paguyuban Omah Kreatif Kampoeng Batik Kauman kota Pekalongan.

Leave a Comment